Perihal

guntarmanbeni
Batam Kepulauan Riau, Indonesia

Bio: Puisi adalah manifestasi dari kehidupan sadar - hubungan yang bijaksana antara manusia dengan: harapan, keinginan dan cinta, dan juga dengan kosmos, dalam semua manifestasinya.

Lihat profil lengkap

 

18 pemikiran pada “Perihal

    • Salam kenal kembali, terima kasih telah meluangkan waktunya membaca puisi-puisi saya. Karya-karya anda pun saya bilang bagus. Sama-sama kita pelajari bagaimana tehnik atau cara mengungkapkan sesuatu dengan kalimat yang kuat dan efektif; sama-sama kita pelajari dari para pengguna WP

      Suka

  1. salam kenal pak. Saya suka dengan puisi. Namun, hingga kini, puisi-puisi itu masih belum bisa masuk di media cetak. Sukses selalu berpuisinya pak.

    Suka

    • Terima kasih Sandi Iswahyudi….puisi-puisi saya yang diposting di blok ini adalah puisi-puisi yang saya tulis dalam rentang waktu yang cukup panjang, antara tahun 1982 s/d. 2015….saya kumpulkan dari catatan tangan yang tersimpan, mau pun yang pernah diposting di beberapa media jejaring sosial, dan masih banyak lagi yang akan saya posting satu persatu. Di situs sastra http://www.jendelasastra.com ada sekitar 300 judul puisi saya di sana, sebagian kecil sudah di posting di Blog ini, beberapa diantaranya telah saya edit. Banyak yang menyarankan kepada saya agar diterbitkan dalam suatu buku guna menambah khasanah sastra di Indonesia, khususnya puisi. Saya coba targetkan tahun 2015 ini bisa diwujudkan. Do’akan semoga bisa diwujudkan.

      Disukai oleh 1 orang

      • Iya pak. Ditunggu karyanya dalam bentuk puisi. Mau tanya, bagaimana bapak mencari inspirasi dalam menulis puisi? Bagaimana mempelajari, menambah, hingga menggunakan diksi dalam puisi?

        Suka

      • Inspirasi bisa datang dari mana saja dan sewaktu-waktu datangnya, bisa dari pendengaran, penglihatan, atau pun dari pengetahuan kita tentang sesuatu. Intinya menjadi sebuah bahan renungan, diolah dan dipilah-pilah. Seperti halnya buah durian, kita harus dapat memilah yang mana kulitnya dan yang mana dagingnya yang lezat untuk dinikmati. Sekarang tinggal pilih: mau cerita tentang kulitnya atau tentang dagingnya, atau tentang keduanya. Diksi adalah pilihan kata-kata oleh penulisnya, umumnya pembaca menyukai diksi yang indah atau terasa menyentak di hati. Inti dari pengertian diksi yang indah dan bertenaga itu adalah kalimat -kalimat yang efektif (bahasa yang efektif dalam pelajaran Bahasa Indonesia). Pelajari bagaimana cara para penyair ternama mengungkapkan, melukiskan, dan menuangkan idenya ke dalam sebuah puisi dengan kalimat-kalimat yang efektif. Semoga bermanfaat. Salam.

        Suka

    • Perihal kireji, tidak banyak literatur kita yang membahas itu secara mendalam. Saya harus melacaknya dalam berbagai artikel, khususnya artikel yang ditulis atau hasil wawancara dengan para profesor Jepang. Haruo Shirane, juga ada bukunya, kadang menjadi referensi tentang kireji. Namun harus juga dilengkapi dengan literatur lain. Yang penting pahami perbedaan kire semantik dan kire sintaksis, serta tiga fungsi kireji dalam haiku Jepang.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s